Perangkat lunak yang mendukung atau
menerangkan konsep human skin modelling.
|
1.
PHOTOSHOP
Pengertian photoshop
Photoshop adalah software
yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau
foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang
sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk
mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap
sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi
foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang
sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk
mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap
sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi
Fungsi-fungsi tools pada photoshop
- Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka
file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.
- Option, berisi pilihan dari tool yang Anda
pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.
- Gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat
atau diedit.
- Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet
brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan
palet yang sering digunakan.
- Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan
memodifikasi gambar.
- Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di
dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang
dikerjakan.
Fungsi photoshop
Membuka
dokumen dan membuat duplikat dokumen
Untuk membuka gambar gunakan menu File -> Open, sedangkan untuk membuat duplikat gambar gunakan menu Image -> Duplicate.
Untuk membuka gambar gunakan menu File -> Open, sedangkan untuk membuat duplikat gambar gunakan menu Image -> Duplicate.
Mengubah
ukuran gambar dan kanvas
Jika ukuran gambar diubah, maka gambar akan membesar atau mengecil, lakukan dengan menu Image -> Image Size. Jika ukuran kanvas diubah, maka ukuran gambar tetap, akan ada kertas putih di sekeliling gambar, lakukan dengan menu Image -> Canvas Size.
Jika ukuran gambar diubah, maka gambar akan membesar atau mengecil, lakukan dengan menu Image -> Image Size. Jika ukuran kanvas diubah, maka ukuran gambar tetap, akan ada kertas putih di sekeliling gambar, lakukan dengan menu Image -> Canvas Size.
Mencoba
ToolBox
Cobalah tool-tool pada ToolBox, satu persatu akan dibahas pada bab berikutnya. Coba klik kanan pada tool yang memiliki segitiga di bagian kanan bawah untuk memilih tool yang tersembunyi.
Cobalah tool-tool pada ToolBox, satu persatu akan dibahas pada bab berikutnya. Coba klik kanan pada tool yang memiliki segitiga di bagian kanan bawah untuk memilih tool yang tersembunyi.
Mencerminkan
dan Memutar Gambar
Cobalah menu Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Vertikal, Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Horisontal. Untuk memutar gambar, pilih menu Image -> Rotate Canvas -> pilih sudut yang dikehendaki.
Cobalah menu Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Vertikal, Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Horisontal. Untuk memutar gambar, pilih menu Image -> Rotate Canvas -> pilih sudut yang dikehendaki.
Undo
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir, tekan Alt+Ctrl+Z, atau gunakan pallete history.
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir, tekan Alt+Ctrl+Z, atau gunakan pallete history.
Memindahkan
gambar ke dokumen lain
Untuk memindahkan gambar gunakan Move Tool.
Untuk memindahkan gambar gunakan Move Tool.
Save for web
Gunakan menu File -> Save for Web untuk menghasilkan gambar dengan ukuran kecil yang biasa digunakan pada website
Gunakan menu File -> Save for Web untuk menghasilkan gambar dengan ukuran kecil yang biasa digunakan pada website
SELECTION AND TOOL
Menyeleksi Gambar pada
Phtoshop
Menyeleksi berarti memilih
bagian tertentu dari gambar. Dengan seleksi kita dapat mengcopy, mengubah,
menggeser, atau menambahkan efek kepada bagian yang terseleksi tanpa
mempengaruhi bagian lain.
Ada tiga cara menyeleksi yaitu:
1. Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk kotak, elips, row, dan kolom
2. Lasso Tool, untuk menyeleksi dalam bentuk bebas, poligonal atau kekontrasan gambar (Magnetic Lasso Tool).
3. Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.
1. Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk kotak, elips, row, dan kolom
2. Lasso Tool, untuk menyeleksi dalam bentuk bebas, poligonal atau kekontrasan gambar (Magnetic Lasso Tool).
3. Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.
Tipe seleksi ada dua (dapat dipilih pada Option Bar),
yaitu:
1. Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2. Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.
1. Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2. Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.
1.
Rectangular Marquee Tool
Gunakan rectangular marquee
tool untuk memotong gambar dalam bentuk kotak. Gunakan menu Select ->
Transform Selection untuk mengubah seleksi dan menu Select -> Feather untuk
mengatur ketajaman pinggiran potongan.
2.
Elliptical Marquee Tool
Digunakan untuk membuat
seleksi elips atau lingkaran. Anda dapat menggunakan Select -> Transform
Selection (atau klik kanan) untuk mengubah bidang yang mau diseleksi. Gunakan
menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman tepi gambar. Gunakan Select
-> Inverse untuk membalik seleksi.
3.
Lasso Tool
Seleksi ini digunakan untuk
menyeleksi bentuk bebas dengan mouse.
4.
Polygonal Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool
digunakan untuk menyeleksi gambar yang memiliki tepi garis lurus, misalnya
piramida pada gambar 2.5. Jika tombol Alt ditekan maka Polygonal Lasso Tool
akan berfungsi seperti Lasso Tool biasa. Contoh gambar hasil seleksi piramida
diperkecil dan diletakkan pada sudut kanan bawah.
5.
Magnetic Lasso Tool
Magnetic Lasso Tool
penggunaanya cukup mudah, karena dengan tool ini seleksi gambar akan secara
otomatis membuat garis seleksi pada gambar yang berwarna kontras.
6.
Magic Wand Tool
Magic wand tool akan
menyeleksi gambar yang memiliki warna sama.
7.
Crop Tool
Crop tool digunakan untuk
menghilangkan bagian yang tidak diseleksi. Contoh penggunaanya di sini
digunakan untuk memperbaiki hasil scan yang miring.
8.
Healing Brush Tool
Healing Brush Tool
digunakan untuk memperbaiki gambar pada bagian tertentu. Aktifkan tool ini,
kemudian tekan Alt + Klik pada objek pada bagian yang tidak berkeriput,
kemudian klik pada bagian yang keriputnya ingin dihilangkan.
9.
Spot Healing Brush Tool
Spot Healing Brush Tool
digunakan untuk memperbaiki kerusakan gambar. Di sini Anda tidak perlu
menentukan area yang akan digunakan sebagai patokan, karena akan secara
otomatis terpilih dari area di sekitarnya. Misalnya digunakan untuk
menghilangkan keretakan pada patung seperti pada gambar 2.10.
Tool ini merupakan tool baru pada Adobe Photoshop CS2
yang tidak ada pada versi sebelumnya.
10.
Patch Tool
Patch Tool digunakan untuk
memperbaiki gambar. Tool ini dibuat dengan cara membuat selection dengan mouse
atau dengan menahan tombol ALT untuk menghasilkan bentuk poligonal. Selanjutnya
drag ke daerah yang akan dijadikan patokan perbaikan.
11.
Red Eye Tool
Red Eye Tool digunakan
untuk memperbaiki warna merah pada mata.
12.
Clone Stamp Tool
Clone Stamp Tool digunakan
untuk membuat duplikat area pada gambar, atau yang disebut cloning. Tekan ALT
pada objek yang akan dikloning, kemudian gunakan mouse pada area tempat objek
baru mau diletakkan.
13.
Background Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk
menghapus background yang memiliki kemiripan warna. Misalnya digunakan untuk
menghapus background langit pada gambar kupu-kupu.
14.
Magic Eraser Tool
Seperti Background Eraser
Tool, tool ini akan menghapus area dengan warna sama, namun efeknya adalah ke
seluruh gambar, bukan hanya area yang diklik.
15.
Color Replacement Tool
Color Replacement Tool akan
mengubah warna gambar tanpa mengubah bentuk dari gambar tersebut. Tool ini akan
secara otomatis hanya mengubah area dengan warna sama menjadi warna lain yang
dikehendaki.
16.
Blur, Sharpen, dan Smugde
Tool
Blur Tool digunakan untuk
mengaburkan area. Misalnya digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik pada
wajah. Sharpen Tool merupakan kebalikan dari Blur Tool. Dengan Sharpen Tool,
gambar akan menjadi lebih tajam. Smugde Tool digunakan untuk mengubah bentuk
gambar dengan cara drag mouse.
17.
Dogde, Burn, dan Sponge
Tool
Dogde Tool digunakan untuk
membuat area menjadi lebih terang. Burn Tool digunakan untuk mempergelap area. Spong Tool digunakan untuk
mencerahkan (saturate) atau mengurangi warna (desaturate).
Permainan Warna Pada Photoshop
Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Pada bab ini akan dibahas mengenai permainan warna,
mulai dari mengatur latar belakang gambar, membuat gradient, mengatur
brightness & contrast, dan masih banyak lagi tool-tool yang menarik. Pada
subbab selanjutnya Anda dapat langsung praktek dengan didampingi instruktur.
1. Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool digunakan
untuk mengganti background yang memiliki warna sama atau mirip. Background
dapat diganti dengan pattern.
2. Gradient Tool
Gradient tool digunakan
untuk menghasilkan warna gradasi. Jangan lupa lakukan seleksi terlebih dahulu
bagian mana yang akan diisi warna gradasi. Jika tidak, maka seluruh kanvas
terisi dengan gradasi.
3. Brush Tool
Brush Tool digunakan
sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Atur besar kecilnya brush, hardness,
opacity, dan flow. Bush Tool dapat juga bekerja pada mode Air Brush.
4. Brightness/Contrast
Brightness digunakan untuk
mengatur kecerahan gambar. Contrast digunakan untuk mengatur ketajaman gambar.
Gunakan menu Image -> Adjustment -> Brightness/Contrast.
5. LevelLevel
berfun
gsi mirip dengan
Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna dapat diatur warna
gelap, warna menengah, dan warna terang. Level dapat bekerja pada selection
atau seluruh kanvas. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Level.
6. Curves
Curves bekerja seperti
level, namun Anda mengatur warna RGB dalam bentuk curva. Gunakan menu Image
-> Adjustment -> Curves. Curva dapat diatur otomatis, mode RGB atau
diatur sendiri-sendiri untuk tiap-tiap warna.
7. Color Balance
Melalui menu Image ->
Adjustment -> Color Balance kita dapat mengatur keseimbangan warna.
8. Photo Filter
Photo filter digunakan
untuk memberikan filter pada gambar. Mirip seperti filter yang diletakkan di
depan lensa kamera. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Photofilter.
9. Replace Color
Replace Color digunakan
untuk mengganti warna tertentu dalam gambar, sedangkan warna yang lain tidak
ikut berubah. Misalnya untuk mengganti warna apel dengan tanpa mengubah warna
background. Gunakan menu Image -> Adjusments -> Replace Color.
10. Hue/Saturation
Hue/Saturation digunakan
untuk mengganti warna pada keseluruhan gambar/seleksi. Hue adalah warna,
sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Gunakan tool ini melalui
Image -> Adjustment -> Hue/Saturation. Perubahan warna dapat diatur pada
chanel master, atau tiap-tiap warna.
11. Match Color
Match Color akan menyamakan
warna gambar source kepada gambar yang akan diubah. Misalnya di sini akan
diubah gambar danau3.jpg, menjadi suasana matahati terbit seperti gambar acuan.
Gunakan tool ini melalui menu Image -> Adjustment -> Match Color.
Kelebihan
dan kekurangan
Kelebihan:
- Membuat tulisan dengan effect tertentu.
- Membuat tekstur dan material yang beragam.
- Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
- Memproses materi Web.
Kelemahan:
Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image
adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang
statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi
Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan
yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula
2.
GIMP
Pengertian
GIMP
GIMP (GNU) Image
Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP
adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. Sedangkan Unix
atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project
Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang
dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan
Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan
Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA).
GIMP cocok untuk brbagai tugas manipulasi gambar termasuk retouching
foto, komposisi gambar, konstruksi. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan
dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg,
gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.
GIMP memiliki banyak kemmpuan. Dapat di
gunkan sebagai program paint yang sederhana, seorang ahli kualitas foyo
retouching program, sebagai sistem online batch processing, sebuah produksi
massa rendere gambar, gambar format converter, dll.
GIMP adalah dapat di kembangkan dan
extensibla. Perangkat ini di rancang untuk di kembangkan dengan plug-in
dan ekstensi untuk melakukan hampir segala hal. Advenced scripting interface
yang memungkinkan semuanya dari tugas sederhana hingga prosedur yang paling
rumit untuk manipulasi gambar.
Penulis
Versi
pertama dari GIMP ini di tulis oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball.
Banyak pengembangkan baru – baru ini telah memberikan kontribusi lebih
dan ribuan lainnya telah memberikan dukunggan dan pengujian. Rilis GIMP saat
ini sedang di susun ulang oleh Sven Neumann dan Mitch Natterer dan
anggota lain dari GIMP-Team.
Bantuan
sistem (Help System) GIMP
Tim
dokumentasi GIMP dan pengguna lainnya telah menyediakan kepada anda
informasi yang di butuhkan untuk memahami bagaimana menggunakan GIMP. User
Manual adalah bagian penting dari bantuan ini. Versi saat ini ada di situs web
dari Tim Dokumentasi dalam format HTML.HTML versi ini juga tersedia sebagai
konteks terintegrasi dengan program yang membntu (jika Anda menginstallnya)ketika
menggumakan GIMP Hanya menekan tombol F1. Bantuan khusus pad menu dapat diakses
dengan menekan tombol F1 saat mouse pointer fokuspada menu item.
Fitur
dan Kemampuan
Daftar
berikut ini merupakan ringkasan singkat dari beberapa fitur dan kemampuan
GIMP anda:
-
Suite yang lengkap termasuk alat – alat melukis brushes, pencil, airbrush,
cloning,dll.
-
Tile berbasis manajemen memori, sehingga ukuran gambar hanya di batasi oleh
ruang disk yang tersedia.
-
sub-pixel sampling untuk semua alat- alat untuk high-quality anti-aliasing.
-
dukungan penuh Alpha channel untuk bekerja dengan transparasi.
-
Layer dan Channel.
-
Prosedur internl database untuk memanggil fungsi – fungsi Gimp dari program
eksternal,seperti Script-Fu.
-
Kemampuan Advenced scripting.
-
Multiple undo/redo (di batasi oleh ruang disk).
-
Transformation tools termasuk rotate, scale, sheare, dan flip.
-
Dukungan untuk berbagai macam format file, termasuk GIF, JPEG, PNG, XPM, TIFF,
TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP dan sebagainya.
-
Peralatan selection, termasuk rectangular, elips, free, fuzzy, bezier, dan
intelligent scissors
Plung-in yang memungkinkan untuk memudahkn penambahan format file baru dan filter efek baru.
Plung-in yang memungkinkan untuk memudahkn penambahan format file baru dan filter efek baru.
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan
GIMP :
·
Bisa
digunakan di PC yang SO-nya Windows, Linux, dan Mac OS.
·
Gratis.
·
Aplikasinya
ringan dan bisa digunakan di komputer yang menggunakan spesifikasi rendah /
minimum sekalipun.
·
Penyeleksian
gambar / photo lebih mudah.
·
Mengimport
/ mengeksport gambar / foto ke ekstensi SVG.
·
Bisa
membuat gambar animasi.
·
Mampu
gambar atau foto menampilkan dari berbagai macam format file.
·
Mengedit
layer teks lebih mudah.
·
Mendukung
berbagai macam format file.
·
Bisa
ditambahakan pulg-in layaknya Adobe Photoshop tetapi plug-in-nya gratis.
·
Jika
Anda kurang cocok dengan tampilan awalnya, maka Anda bisa menggantinya.
·
Bersifat
Open Source.
Kekurangan GIMP :
·
Hanya
mendukung 8 bits per-channel.
·
Masih
sedikit plug-in yang tersedia.
·
Filter
/ efek-efeknya belum lengkap layaknya Adobe Photoshop
3. 3D
MAX
Awal sejarah dan rilis
Produk asli 3D Studio diciptakan
untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D
Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT,
dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya
diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu
divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis
kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama
dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max"
(semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan,
sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada
rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali
diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009,
nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".
Fitur
MAXScript
Fitur
MAXScript
MAXScript adalah built-in bahasa
scripting yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas yang berulang,
menggabungkan fungsi yang ada dengan cara baru, mengembangkan alat baru dan
user interface, dan banyak lagi. Modul plugin dapat dibuat sepenuhnya dalam
MAXScript.
Karakter Studio
Karakter Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja dengan menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka pengaturan yang memiliki saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan jerat karakter bugar dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing yang kuat untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan workflow keyframing, dan berbagi data di seluruh animasi kerangka Biped berbeda. Ini "Biped" objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu mempercepat produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Adegan Explorer
Adegan Explorer, sebuah tool yang menyediakan tampilan hierarkis adegan data dan analisis, memfasilitasi bekerja dengan adegan yang lebih kompleks. Explorer adegan memiliki kemampuan untuk menyortir, menyaring, dan pencarian adegan oleh setiap jenis objek atau properti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max 2008, itu adalah komponen pertama untuk memfasilitasi. Kode dikelola NET dalam 3ds Max luar MAXScript.
DWG Impor
3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori dalam 3ds Max 2008 memungkinkan adegan yang lebih besar harus diimpor dengan beberapa objek.
Tekstur Penugasan / Edit
3ds Max menawarkan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi; Hapus Distorsi; Pertahankan UV, dan ekspor Template gambar UV. Alur kerja tekstur mencakup kemampuan untuk menggabungkan yang tidak terbatas jumlah tekstur, browser bahan / peta dengan dukungan untuk drag-and-drop tugas, dan hirarki dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang mendefinisikan lapisan adat dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs menurut orang-orang lapisan; copy / paste bahan, peta dan warna, dan akses ke jenis pemetaan cepat (kotak, silinder, bola).
Umum keyframing
Dua keying mode - set kunci dan kunci otomatis - menawarkan dukungan untuk workflow keyframing berbeda.
Cepat dan kontrol intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste - membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Lintasan Animasi dapat dilihat dan diedit langsung di viewport.
Dibatasi Animasi
Objek dapat animasi sepanjang kurva dengan kontrol untuk penyelarasan, perbankan, kecepatan, kelancaran, dan perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol untuk penyelarasan. Berat jalur yang dikendalikan animasi antara kurva ganda, dan menghidupkan berat. Objek dapat dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek lain dengan berbagai cara - termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yang berbeda, dan menghubungkan di berbagai titik dalam waktu. Kendala ini juga mendukung animasi pembobotan antara lebih dari satu sasaran.
Semua animasi dibatasi dihasilkan dapat jatuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih lanjut.
Skinning
Entah Kulit atau pengubah Physique dapat digunakan untuk mencapai kontrol tepat deformasi tulang, sehingga karakter deformasi lancar sebagai sendi yang bergerak, bahkan di daerah yang paling menantang, seperti bahu. Kulit deformasi dapat dikendalikan dengan menggunakan beban puncak langsung, volume simpul didefinisikan oleh amplop, atau keduanya.
Kemampuan seperti tabel berat, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot menawarkan mudah mengedit dan kedekatan berbasis transfer antara model, menyediakan akurasi dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Opsi mengikat kaku menguliti berguna untuk menghidupkan rendah poligon model atau sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa.
Pengubah tambahan, seperti Kulit Bungkus dan Kulit Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat dengan jerat lainnya dan membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah sulit.
Kerangka dan Invers Kinematika (IK)
Karakter bisa dicurangi dengan kerangka kustom menggunakan 3ds Max tulang, pemecah IK, dan alat rigging didukung oleh Data Motion Capture.
Alat animasi Semua - termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - dapat digunakan bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yang diperlukan untuk mendapatkan karakter mereka animasi .
Empat plug-in kapal pemecah IK dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independen memberikan campuran halus antara animasi IK dan FK dan menggunakan sudut lebih suka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Pemecah sejarah yang bergantung bisa menyelesaikan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin seperti animasi. Ekstremitas IK adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan karakter lengan atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat dipindahkan di mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk mudah digunakan twist dan kontrol roll.
Integrated Cloth Solver
Selain pengubah kain reaktor, 3ds Max software memiliki mesin kain-simulasi terpadu yang memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek 3D ke pakaian, pakaian atau membangun dari awal. Tabrakan pemecahan cepat dan akurat bahkan dalam simulasi yang kompleks. (Image.3ds max.jpg)
Simulasi Lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Kain simulasi dapat digunakan bersama dengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data deformasi Kain dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Integrasi dengan Autodesk Vault
Au todesk Vault plug-in, yang kapal dengan 3ds Max, mengkonsolidasikan pengguna 3ds Max aset dalam satu lokasi, memungkinkan mereka untuk secara otomatis melacak file dan mengelola pekerjaan berlangsung. Pengguna dapat dengan mudah dan aman berbagi, menemukan, dan menggunakan kembali 3ds Max (dan desain) aset dalam produksi skala besar atau lingkungan visualisasi.
Karakter Studio
Karakter Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja dengan menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka pengaturan yang memiliki saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan jerat karakter bugar dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing yang kuat untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan workflow keyframing, dan berbagi data di seluruh animasi kerangka Biped berbeda. Ini "Biped" objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu mempercepat produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Adegan Explorer
Adegan Explorer, sebuah tool yang menyediakan tampilan hierarkis adegan data dan analisis, memfasilitasi bekerja dengan adegan yang lebih kompleks. Explorer adegan memiliki kemampuan untuk menyortir, menyaring, dan pencarian adegan oleh setiap jenis objek atau properti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max 2008, itu adalah komponen pertama untuk memfasilitasi. Kode dikelola NET dalam 3ds Max luar MAXScript.
DWG Impor
3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori dalam 3ds Max 2008 memungkinkan adegan yang lebih besar harus diimpor dengan beberapa objek.
Tekstur Penugasan / Edit
3ds Max menawarkan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi; Hapus Distorsi; Pertahankan UV, dan ekspor Template gambar UV. Alur kerja tekstur mencakup kemampuan untuk menggabungkan yang tidak terbatas jumlah tekstur, browser bahan / peta dengan dukungan untuk drag-and-drop tugas, dan hirarki dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang mendefinisikan lapisan adat dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs menurut orang-orang lapisan; copy / paste bahan, peta dan warna, dan akses ke jenis pemetaan cepat (kotak, silinder, bola).
Umum keyframing
Dua keying mode - set kunci dan kunci otomatis - menawarkan dukungan untuk workflow keyframing berbeda.
Cepat dan kontrol intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste - membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Lintasan Animasi dapat dilihat dan diedit langsung di viewport.
Dibatasi Animasi
Objek dapat animasi sepanjang kurva dengan kontrol untuk penyelarasan, perbankan, kecepatan, kelancaran, dan perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol untuk penyelarasan. Berat jalur yang dikendalikan animasi antara kurva ganda, dan menghidupkan berat. Objek dapat dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek lain dengan berbagai cara - termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yang berbeda, dan menghubungkan di berbagai titik dalam waktu. Kendala ini juga mendukung animasi pembobotan antara lebih dari satu sasaran.
Semua animasi dibatasi dihasilkan dapat jatuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih lanjut.
Skinning
Entah Kulit atau pengubah Physique dapat digunakan untuk mencapai kontrol tepat deformasi tulang, sehingga karakter deformasi lancar sebagai sendi yang bergerak, bahkan di daerah yang paling menantang, seperti bahu. Kulit deformasi dapat dikendalikan dengan menggunakan beban puncak langsung, volume simpul didefinisikan oleh amplop, atau keduanya.
Kemampuan seperti tabel berat, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot menawarkan mudah mengedit dan kedekatan berbasis transfer antara model, menyediakan akurasi dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Opsi mengikat kaku menguliti berguna untuk menghidupkan rendah poligon model atau sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa.
Pengubah tambahan, seperti Kulit Bungkus dan Kulit Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat dengan jerat lainnya dan membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah sulit.
Kerangka dan Invers Kinematika (IK)
Karakter bisa dicurangi dengan kerangka kustom menggunakan 3ds Max tulang, pemecah IK, dan alat rigging didukung oleh Data Motion Capture.
Alat animasi Semua - termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - dapat digunakan bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yang diperlukan untuk mendapatkan karakter mereka animasi .
Empat plug-in kapal pemecah IK dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independen memberikan campuran halus antara animasi IK dan FK dan menggunakan sudut lebih suka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Pemecah sejarah yang bergantung bisa menyelesaikan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin seperti animasi. Ekstremitas IK adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan karakter lengan atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat dipindahkan di mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk mudah digunakan twist dan kontrol roll.
Integrated Cloth Solver
Selain pengubah kain reaktor, 3ds Max software memiliki mesin kain-simulasi terpadu yang memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek 3D ke pakaian, pakaian atau membangun dari awal. Tabrakan pemecahan cepat dan akurat bahkan dalam simulasi yang kompleks. (Image.3ds max.jpg)
Simulasi Lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Kain simulasi dapat digunakan bersama dengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data deformasi Kain dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Integrasi dengan Autodesk Vault
Au todesk Vault plug-in, yang kapal dengan 3ds Max, mengkonsolidasikan pengguna 3ds Max aset dalam satu lokasi, memungkinkan mereka untuk secara otomatis melacak file dan mengelola pekerjaan berlangsung. Pengguna dapat dengan mudah dan aman berbagi, menemukan, dan menggunakan kembali 3ds Max (dan desain) aset dalam produksi skala besar atau lingkungan visualisasi.
Pengertian 3D Max
Software
pengembangan animasi dimensi tiga merupakan
software yang banyak digunakan oleh para
praktisi dalam bisnis periklanan. Software
ini banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan
untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS Max merupakan software
dimensi tiga yang dapat membuat objek
dimensi tiga tampak realistis. Keunggulan yang
dimiliki adalah kemampuannya dalam menggabungkan
objek image, vektor dan tiga dimensi, serta
langsung dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi
dimensi tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa
berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia
grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak
kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor
dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini
tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide
kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa
selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun
dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun dari berbagai macam
sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan kosep
animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam
buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang
sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam
mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka
Area kerja 3ds max
Area kerja 3ds max
-
Menu, berisi berbagai macam perintah dan
fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya
hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
-
Tool Reactor, berisi
tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi
reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
-
Command Panel, berisi
perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang
kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu
objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku
panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah
biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah
rollout.
-
Viewport, merupakan area atau layar
tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga
dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut
pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top,
bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang
aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut
adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
-
Main toolbar, dalam 3ds max
terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi
objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak
pada gambar di bawah ini :
a)
Undo berfungsi sebagai history pallete
atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b)
Redo merupakan kebalikan dari undo
c)
Select and link berfungsi
untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan
antara objek tersebut.
d)
Unlink selection merupakan
kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e)
Bind to space warp merupakan
fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu,
misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f)
Selection filter merupakan
fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g)
Select object digukanan
untuk memilih atau menyeleksi objek.
h)
Select by name digunakan
untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i)
Select and move digunakan
untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j)
Select and rotate digunakan
untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k)
Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l)
Use center flyout digunakan untuk
menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m)
Mirror digunakan untuk menggandakan atau
mencerminkan objek
n)
Layer manager digunakan
untuk mengatur layer
o)
Curve editor digunakan
untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p)
Material editor merupakan
fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q)
Render scene dialog digunkan untuk
merender animasi atau model pada scene terpilih.
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan
:
3ds
Max Studio merupakan salah satu software 3 dimensi, kemampuan software ini
dalam mengolah proses modeling, animasi dan special effect 3 dimensi yang sangat
baik dan mudah digunakan
Kekurangan
:
kemampuan
untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih
lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit
untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan
cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
No comments:
Post a Comment