Tuesday, April 23, 2013

SOCIAL NETWORK




SEJARAH FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN FACEBOOK
Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache.
1.       Linux & Apache
Bagian ini cukup jelas. Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Ini open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.

2.       MySQL
Untuk database, Facebook menggunakan MySQL karena kecepatan dan kehandalan. MySQL digunakan terutama sebagai penyimpan nilai kunci sebagai data secara acak didistribusikan diantara set besar kasus logis. Contoh-contoh logis tersebar di seluruh node fisik dan load balancing yang dilakukan di tingkat simpul fisik.
 Sejauh kustomisasi yang bersangkutan, Facebook telah mengembangkan skema partisi kustom di mana ID global ditugaskan untuk semua data. Mereka juga memiliki skema pengarsipan kustom yang didasarkan pada bagaimana data yang sering dan aktual pada basis per-user. Data yang paling aktual didistribusikan secara acak.
VP Teknologi Facebook, Jeff Rothschild memberikan beberapa rincian pada konferensi pengguna MySQL terakhir. Rothschild mengatakan Facebook sekarang berjalan 10.000 server, termasuk 1.800 server MySQL yang diawasi oleh hanya dua database administrator.

3.       PHP
Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.

4.       Memcache
Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama Facebook membantu meringankan beban database.
 Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.
Menyadari bahwa ada kekurangan dalam menggunakan LAMP stack. Terutama, PHP tidak selalu bisa dioptimalkan untuk website besar dan karena itu sulit untuk skala. Juga, itu bukan bahasa tercepat untuk dijalankan. Dan kerangka ekstensi sulit untuk digunakan.              Facebook telah tumbuh begitu cepat sehingga mereka sering dihadapkan dengan isu-isu mengenai query database, caching, dan penyimpanan data. Database mereka sangat besar dan sangat kompleks. Untuk menjelaskan hal ini, Facebook telah mulai banyak proyek open source dan layanan backend.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FACEBOOK                                               
Kelebihan :
           

-         Facebook merupakan jejaring sosial yang bebas pakai dan salah satu media komunikasi terbaik

-          Memiliki pengaturan privasi yang baik
-          Dapat menambah teman bukan hanya di satu wilayah namun bisa dari berbagai wilayah
-          Memudahkan komunikasi bagi antar pemakai
Kekurangan :
-          Profil yang digunakan bisa palsu
-          Bisa dipakai sebagai salah satu sarana kejahatan misalnya penipuan, penculikan, dan sebagainya (penyalahgunaan)
-          Bisa membuat kecanduan
KONSEP FACEBOOK
 Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana Pengguna dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal,pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri). Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman (fitur friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message)  atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating). Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan”
KEAMANAN FACEBOOK
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Facebook sebagai sarana mencari teman, mengungkapkan ekspresi yang dirasakan, berbagi pengalaman dan pengetahuan, bahkan ada yang menjadikan facebook menjadi alternatif bisnis. Hanya saja dari berbagai pemakai Facebook tidak sedikit orang-orang yang ingin mengacak data orang lain dengan cara “mencuri password atau username” orang yang diincarnya. Golongan seperti ini sering disebut dengan Cracker. Terkadang Cracker mengambil alih data orang lain untuk disalahgunakan. Misalnya foto profil diganti dengan foto-foto yang tidak wajar. Ini sering kali terjadi hampir pada pemakai Facebook. Hal ini yang sering menjadi pertanyaan besar bagi semua pemakai Facebook bagaimana cara memperketat sistem keamanan pada Facebook agar pemakai bisa merasa aman dan nyaman.
PEMANFAATAN dan PENGEMBANGAN MASA DEPAN DENGAN FACEBOOK
Facebook merupakan social media terbesar dan terpopuler saat ini. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, membuat peluang bisnis dengan Facebook semakin terbuka lebar. Bagi pemakai yang kreatif menggunakan Facebook, tentunya dia melihat “peluang” di dalamnya. Ada beberapa cara memanfaatkan Facebook sebagai media bisnis online diantaranya :
1.       Menggunakan tag pada foto Facebook
Bila anda mempunyai sebuah produk, upload foto produknya ke profil Facebook anda. Kemudian tag teman Facebook anda pada foto produk tersebut. Beri deskripsi yang menarik pada foto produk anda tersebut. Misalnya mulai dari spesifikasi hingga harga penjualan. Dengan melakukan ini, anda akan mempunyai 2 keuntungan. Pertama, teman Facebook anda akan dapat melihat foto produk anda, dengan begitu berharap saja ada teman Facebook anda yang berminat dengan produk anda. Kedua, teman dari teman Facebook yang di-tag juga akan dapat melihat foto produk tersebut, dengan begitu anda akan menjangkau pengunjung yang lebih banyak.
2.       Menggunakan Fans Page Facebook
Fans Page Facebook sering juga disebut halaman. Anda bisa menamakan fans page tersebut dengan nama produk yang akan anda promosikan. Fans Page ini bisa anda manfaatkan sebagai toko online mini, karena di dalamnya terdapat fitur HMTL yang bisa anda modifikasikan untuk menjadi tampilan toko online. Semakin banyak jumlah orang yang memberikan LIKE di fans page anda, maka jangkauan pengunjung anda juga akan semakin luas.
3.       Memanfaatkan Iklan Facebook
Dengan memanfaatkan Iklan Facebook, anda bisa menampilkan iklan produk anda di sisi kanan halaman profil pengguna Facebook. Untuk Iklan Facebook ini, disarankan anda harus sudah betul-betul menguasai hal-hal yang bersifat sistematis. Karena jika anda belum mengetahuinya, alih-alih mendapatkan keuntungan, justru rugi yang akan didapat karena iklan yang tampil tidak tertarget pada pangsa pasar yang diharapkan.


No comments:

Post a Comment